Senin, 20 April 2015

Perahu Klotok | 085706005839 pinBB 757437B8

Perahu Klotok

Di disaat kecil kita tentu pernah bermain kapal-kapalan  dengan menggunakan bahan bakar minyak goreng sebagai penggeraknya, pada waktu kecil kita sering menyebutnya kapal otok otok atau kapal klotok.


Prahu klotok adalah sebuah miniature prahu kecil yang terbuat dari plat besi tipis atau seng, yang di potong-potong kemudian di rakit sehingga menghasilkan bentuk menyerupai prahu atau kapal perang dengan salah satu prajurit dengan senjatanya yang berada di depan kapal


Proses pembuatanya pun sederhana, setelah merangkai semua bagian kapal, langkah selanjutnya adalah pencucian untuk menghilangkan bekas pembakaran dan lem yang menempel pada bagian kapal. Setelah kapal bersih kemudian kapal di jemur dan siap untuk di lukis dengan menggunakan cat, supaya menghasilkan warna-warna yang menarik yang dapat menarik selera anak-anak.

Sebelum kita memainkanya di atas air, siapkan dahulu bahan bakarnya, yakni menggunakan wadah yang sudah di sediakan di dalam kapal, kemudian di  beri minyak goreng dan sedikit kapas sebagai sumbu pembakarnya, pastikan tangki di dalam kapal sudah terisi air, sehingga dengan uap yang di hasilkan dari pembakaran bisa menjadi tenaga penggerak perahu sampai mengeluarkan bunyi “klotok-klotok”.



Disekitar tahun 90-an hingga 2000-an. Perahu klotok menjadi primadona pad saat itu, ada yang memainkanya sendiri di dalam baskom berisi air, ada juga yang memainkanya ramai-ramai bersama teman-temanya dengan cara di tanding balap perahu  siapa yang tercepat.

Bagi anda yang merindukan sensasi mainan satu ini, kami sebagai sebagai pengrajin perahu klotok menyediakan mainan jadul ini mulai dari pembelian ecer maupun grosir, untuk pemesanan hubungi :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar