Rabu, 27 April 2016

cara membuat perahu otok otok


Cara membuat perahu otok otok

https://4.bp.blogspot.com/-QsWxT5MbySQ/VXhvGrW_4KI/AAAAAAAAA5Y/Px-wo5Yq8AQ/s400/cara%2Bmembuat%2Bperahu%2Botok.jpg

Mainan jadul tradisional yang berbahan baku seng ini adalah salah satu mainan unik khas Indonesia yang cara kerjanya menggunakan prinsip tekanan uap sebagai pendorong kapal mainan ini. Adapun bahan baku dari kapal otok otok ini adalah dengan bahan utama seng yang sudah di potong di gunting dengan pola yang sudah di buat dan di rekatkan / lem dengan soldier atau timah panas, dan tak lupa cat besi sebagai finishing akhirnya, agar terlihat lebih menarik.


Cara kerja

https://1.bp.blogspot.com/-lghdDMwdK4Y/VXhxve0Z7wI/AAAAAAAAA5w/1o35czUkUPY/s400/cara%2Bmembuat%2Bkapal%2Botok%2Botok.jpg

Kapal mainan ini menggunakan prinsip tekanan uap air yang telah di panaskan oleh api kecil yang di pasang di dalam mainan kapal otok otok, sehingga dengan perbedaan suhu akibat pemanasan di pipa kapal mengakibatkan  keluar masuknya air melalui pipa kenalpot kapal otok otok sebagai pendorong jalanya mainan kapal ini.

Dengan harganya yang sangat murah dan mempunyai keunikan yang tidak di miliki mainan modern, menjadikan kapal otok otok ini menjadi primadona di era 90an. Bagi anda yang ber umur 20-30 tahun mungkin telah merasakan sensasi memainkan kapal otok otok khas Indonesia ini pada masa kecil anda. Dengan berbagai keunikan dari kapal otok otok ini membuat mainan kapal ini mengandung unsur Budaya, Sejarah, Edukasi, dan Estetika yang sangat tinggi.
Tidak sekedar sebagai mainan anak-anak saja, tapi mainan kapal otok otok ini  juga sebagai salah satu mainan kebanggan Indonesia, mainan ini mempunyai nilai filosofi yang tinggi, karena apapun yang terjadi, para pengrajin kapal otok otok tidak akan melupakan bagian bendera merah putih yang tetap berkibar di kapal, sebagai bagian yang wajib harus di pasang bagi para pengrajin, sebagai rasa nasionalis yang mereka tunjukan terhadap Negara Indonesia yang masih mereka jaga.


https://4.bp.blogspot.com/-zYBQEYFdWKg/VXhygqQfCKI/AAAAAAAAA50/nNDz-oR61FI/s320/cara%2Bmembuat%2Bkapal%2Botok-otok.jpg
Satu set paket Kapal otok otok berisi :

1 kapal otok-otok
1 Buah corong pengisi air
1 Buah wadah pembakar + kapas

Cara membuat kapal otok otok

https://3.bp.blogspot.com/-0dDbLrJ32J8/VXhywo-7b7I/AAAAAAAAA58/7-1oPGP5QS8/s400/cara%2Bmembuat%2Bkapal%2Botok%2Botok%2B.jpg


Alat Bahan:

-Seng
-Gunting
-Conect
-Timah
-Spidol
-Trail
-Cat Besi
-Kuas

Cara Membuat:

·        Buat pola body kapal dengan menggunakan spidol dengan cara di gambar seng.
·        Buat Pola ruang pembakar seperti gambar di atas.
·        Potong semua pola yang sudah di rencanakan pada setiap bagian.
·        Buat saliran pipa panjang kenalpot kapal dari seng yang di gulung.
·   Rangkalah dan tekuk bagian yang perlu di bentuk, kemudian rekatkan dengan menggunakan Timah panas sampai body kapal terbentuk menjadi kapal utuh dan tidak bocor oleh air.
·      Warnai mainan kapal dengan menggunakan cat kayu sesuai selera, agar terlihat lebih menarik.


Cara Memainkan :

·         Isi air ke dalam dua pipa yang berada di bagian depan mainan Perahu
·         Masukan minyak goreng dan sedikit kapas ke wadah pembakaran yang berfungsi sebagai pembakar
·         Nyalakan pembakar  yang sudah di beri minyak goreng dan kapas, dan masukan ke dalam badan mainan Perahu
·         letakan di atas baskom yang berisi air, kemudian tunggu beberapa saat.
·         Setelah Perahu panas akibat pembakaran, maka disitulah Perahu Otok otok akan mulai bergerak dengan sendirinya dan akan terdengan suara “Otok…Otok…Otok…Otok…”


https://4.bp.blogspot.com/-NzeiD738Ccw/VXhzhOGqm-I/AAAAAAAAA6I/ss2a6pU_wPM/s400/perahu%2Botok%2Botok.jpg


Produsen Kapal Otok di Indonesia sekarang sudah mualai berkurang, akibat banyaknya mainan import yang berhasil melupakan mainan tradisional karya bangsa Indonesia, dengan masih bertahanya para produsen kapal otok di Indonesia adalah karena masih adanya peminat dan pecinta mainan jadul tradisional ini.

Kami sebagai pengrajin mainan Kapal OtokOtok membantu anda yang masih mencari mainan kapal jadul ini sebagai pengobat rindu akan masa-masa kecil dahulu, kami sebagai podusen kapal klotok menjual mulai dari eceran,grosir, dan ekspor ke luar negeri.

Untuk pemesanan silahkan hubungi :

Hp                   : 085706005839
Pin BB            : 5c6149B1
Email              : anekamainantradisional@gmail.com
Office                 : Perum YKP MA3 blok A no 2 Rungkut Surabaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar